http://agungosx.blogspot.com/2008/06/cara-menambahkan-effect-salju-ke-blog.html

Selasa, 23 Desember 2008

Setelah kemarin bikin postingan tentang DNA, kali aq bikin postingan tentang RNA. Tau ga' teman2, apa itu RNA?

RNA

RNA ( ribonucleic acid ) atau asam ribonukleat (ARN) merupakan senyawa kimia atau makromolekul yang berfungsi sebagai penyimpan dan penyalur informasi genetik. RNA tuh ada yang bersifat genetik dan non genetik. RNA genetik memiliki peran seperti DNA, contohnya adalah seperti pada virus. Sedangkan RNA non genetik tuh yang berperan dalam sintesa protein.

Struktur RNA
RNA tersusun atas seutas benang polinukleotida, rantainya pendek. Struktur RNA terdiri dari :

- gugus gula pentosa (ribosa)
- basa N yang terdiri dari basa purin ( adenin (A) dan guanin (G)) dan basa pirimidin (sitosin (C) dan Urasil (U))
- gugus fosfat

Purin dan pirimidin yang berkaitan dengan ribosa membentuk suatu molekul yang dinamakan nukleosida atau ribonukleosida, yang merupakan prekursor dasar untuk sintesis DNA.Ribonukleosida yang berkaitan dengan gugus fosfat membentuk suatu nukleotida atau ribonukleotida.RNA merupakan hasil transkripsi dari suatu fragmen DNA, sehingga RNA merupakan polimer yang jauh lebih pendek dibandingkan DNA.

Tipe RNA
RNA terdiri dari tiga tipe, yaitu mRNA ( messenger RNA ) atau RNAd ( RNA duta ), tRNA ( transfer RNA ) atau RNAt ( RNA transfer ), dan rRNA ( ribosomal RNA ) atau RNAr ( RNA ribosomal ).

RNA-d
RNAd merupakan RNA yang urutan basanya komplementer dengan salah satu urutan basa rantai DNA.RNAd membawa pesan atau kode genetik (kodon) dari kromosom (di dalam inti sel) ke ribosom (di sitoplasma).Kode genetik RNAd tersebut kemudian menjadi cetakan buat menetukan asam amino pada rantai polipeptida. RNAd berupa rantai tunggal yang relatif panjang.

RNA-r
RNAr merupakan komponen struktural yang utama di dalam ribosom.Setiap subunit ribosom terdiri dari 30 - 46% molekul RNAr dan 70 - 80% protein.

RNA-t
RNAt merupakan RNA yang mengangkat asam amino untuk dipertemukan dengan kodon RNA. Pada salah satu ujung RNAt terdapat antikodon. Suatu asam amino akan melekat pada ujung RNAt yang berseberangan dengan ujung antikodon.

Tidak ada komentar: